Shroud New Vixion Kegedean?? Bisa Jadi Demi Fungsionalitas

Assalamu’alaikum…

Bahas New Vixion lagi nih. Soalnya yang sudah kelihatan wujudnya baru motor jagoan Yamaha ini.

Kalau kemarin bahas soal Chain Puller, sekarang bahas soal Shroud Tank alias sayap tangki. Banyak yang bilang kalau shroud tangki New Vixion ini kegedean, wagu atau apalah.

Setahu bapake, fungsi shroud itu sendiri sebenarnya untuk menangkap & mengarahkan angin menuju ke radiator saat motor melaju sehingga pendinginan radiator bisa maksimal. Selain itu juga bisa mempercantik penampilan motor karena banyak juga motor sport tak beradiator yang juga mengaplikasi shroud tank ini.

Bisa jadi shroud sengaja dibikin besar untuk memaksimalkan fungsinya. Logikanya, semakin besar dimensi shroud, maka volume angin yg ditangkap & diarahkan ke radiator  semakin banyak. Jika dibandingkan dengan gen lawas memang lebih besar milik New Vixion. Tapi coba bandingkan dengan  Kawasaki Ninja 150.

from kang mulyanto hourex

Sama besarnya kan?

Sengaja bapake bandingkan dengan Ninja 150 karena dua motor ini sama-sama berpendingin radiator. Kalau di motor lain yang berpendingin udara sih tidak berpengaruh banyak karena hanya sebagai pemanis tampilan. Jadi menurut bapake shroud besar tidak masalah, yang penting desainnya tidak kaku & berfungsi maksimal. Untuk lebih jelasnya sih nunggu dilaunching dulu aja. 😀

Bagaimana menurut pembaca ? Monggo urun rembuk.

Wassalamu’alaikum…

About bapakeVALKYLA

seorang pria biasa, karyawan di sebuah swalayan, ayah dari 2 orang putri yang pengen turing tapi terkendala waktu yg tidak bersahabat.

Posted on 16 Oktober 2012, in Roda 2 and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 117 Komentar.

  1. selain ngimbangi tangki yg gede bisa jg memang untuk jalur angin topan :mrgreen:

  2. kelihatan wagu, lho mas..apakah nanti dg permainan striping bisa lbh manis.?

  3. Shroud besar no problemo, tapi desainnya harus lebih menyatu lah sama bodinya. Kalau shroud yang ada di foto New Vixi di atas, agak gimana gitu 😛

  4. seko samping apik, tp seko ngarep… terus terang … 😦 kuciwa

  5. Wesss
    Bapake lg semangat ngeblog nihh, Mantab!!
    Artikel nya pun berbibit, bebet N bobot 😀

  6. 46@wezzsukses.com

    Permisi gan…n vxion kliatan nungging bnget ya..nunggingan mana y dgn versi lama?

  7. tapi kan radiator ninja gede bapake..?? plus mesin di ninja R itu juga kelihatan gede…jadi serasi desaiinya…tpi tu piksen kan kelihatan kecil dan kopong… agak2 anu jadinya… 😛

    lain motor lain belalang…..

  8. kalo ninja sih masih pantes.. kalo new vixion kepanjangen..tp FU kepanjangen tetep keren 😀

  9. vixi lama sbnarnya dah bagus..
    shroud terbaik msh dipegang multistrada..

  10. bisa jadi nie ,tp sepertinya sayap sampe menjulang ke atas deltabox jd gmana gtu ya hehe

  11. tak masalah
    toh sudah ada pendahulunya, Honda Mega Shroud

  12. mungkin model tangkinya agak aneh oom Bapake eh oom Bimo 😀
    kalau ninja kegedean tapi tangkinya datar
    jadi kayak ramping tangkinya
    lha kalau tampilannya New V-ixion lha kok mirip2 sama NMP :mrgreeN:

  13. WAH, Shroudnya di contek sama NMP tuh.. 😛

  14. andikakusumaharyanto

    Tidak lebih bail dari milik NMP

  15. Gede gak apapa kalo garis desainnya “nyambung” dg garis desain tangkinya. Lha kalau gak nyambung kayak punyanya NewVixon di atas, jadi bikin jelek desain keseluruhan. Pertanyaannya pilih desain atau fungsional? Banyak desain shroud Yamaha yang berdesain bagus tanpa mengurangi fungsionalitasnya. Liat aja XJ6, FZ Series, bahkan SZ Series punya India juga desainnya cukup bagus. Menurutku, yang bikin desain motor New Vixion ini baru belajar gambar dech. Kayaknya dia gak tahu kalo Yamaha punya banyak motor sport berdesain bagus-bagus !!!

  16. sabar mas, nanti di padu sama stripping. Yamaho kan lagi gandrung jualan stripping. 🙂

  17. Udin Underbone Tiada Tara

    Shroud nya terlalu atas seharusnya agak menutup mesin (Kayak ninja). Kalau menutup radiator sih sudah pasti wajib.

  18. Have a good day yah …

  19. Tinggal main striping ama cat aja kayake dah bagus tuch mas bro……

    http://nzahry.wordpress.com/

  20. untuk box tempat kunci pass, jadi ga di bawah jok, di gunakan demi menangulangi begal motor, begitu ada begal, kunci bisa di ambil dan si rider memberi perlawanan

  21. calon mio vs beat jilid II nih

  22. kurang gedhe digowo renggone mak erot, kegedhen dipaido

  23. memang lebih cakep klw shroud agak besar, tp jgn kegedan. jadi aneh kesannya… :mrgreen:

  24. Pokoknya jangan kegedean gitu aja
    liad penampakan langsungnya dulu deh baru nyimpulin kegedean apa gk :mrgreen:
    http://pangben.wordpress.com/2012/10/24/ada-ducati-di-halaman-sekolah/

  25. manteeeep sob….ada yang unik nh kunci kontaknya kalau di on bertuliskan HI BROO Keren kan

    salam mas

  26. harus ada yg dikorbankan demi fungsionalitas..
    sekalian nitip survey pak’e..

    Survey : Seberapa Pentingkah Menurut Anda Kick Starter Untuk Motorsport

  27. Asli, tampilan shroud-nya jelek banget. Kemarin lihat di JMS, langsung muak. Dah gitu bagian bawah tangki (blok mesin) juga terlihat kopong. Wadoooh………..jadi inget ama korban kelaparan di somalia yang kurus kering. Itu mongtor apa motor?

  28. shroudx sih gede gak pa2 …. Tapi headlampx yang bikin wagu 🙂

  29. oom mau tanya doong om pake theme nya yg mana nih buat wordpress nya? ane demen soalnya widgetnya banyak bgt 😀 makasih om

  30. shroud di v-ivion cuma pemanis…(udah pake liquid cooled).. klo di NMP untuk menghimpun udara biar kena mesin… klo di ninja tetep ada kaitan ma mesin 2 taknya yaitu untuk mengademkan mesin meskipun dah pake liquid cooled..

  31. shroudnya memang terlihat agak terlalu lebar ke arah depan, klo agak memanjang sedikit kebawah pasti bagus. tapi akan lebih bagus lagi jika masalah utama vixion yaitu komstir yang sering oblak, bisa dibenahi terlebih dahulu. tapi mudah-mudahan di new vixion kali ini untuk urusan komstir oblak tidak terjadi lagi. 😀

  32. Beli Viar Lebih Untung…!!
    Analogi perbandingan harga jual kembali motor Viar dibandingkan dengan motor pabrikan lain

    Membeli Viar adalah Investasi yang sangat tepat..!!,tidak percaya?,mari kita hitung hitungan

    Beli Motor Viar Star Z,Harga OTR = Rp.8.200.000,setelah dipakai 3 Tahun,harga Jual kembali dapat mencapai 5,5 juta,harga terendah 4,5 juta,kita ambil yang kerugian terbesar menjadi kerugian yg diderita adalah 4,5juta

    bandingkan dengan apabila Anda mengambil Investasi motor pabrikan merk lain
    harga OTR nya Rp.15.500.000,setelah dipakai 3 Tahun Harga Yang diterima Showroom Motor Bekas paling tinggi adalah Rp 9 juta,kalau kondisi motor tersebut kurang baik bisa saja hanya dihargai Rp 7 juta,maklum harga part orisinil motor ini tergolong mahal

    Kerugian Investasi = Rp. 15.500.000 – Rp. 8.000.000 = Rp. 7.000.000

    dari sini jelas sekali bukan lebih besar mana kerugian yg diderita oleh konsumen akibat depresiasi harga jual motor..!??

    apabila kondisi itu diterapkan ke Motor Viar Star Z yg OTR nya hanya Rp 8.200.000 maka Motor Viar hanya dihargai Rp 1.200.000,tentu sangat tidak logis dan tidak masuk akal sebuah motor hanya dihargai dengah harga seperti itu,Konsumen pun berhak marah apabila motor nya ditawar oleh showroom dgn harga 1,2 juta saja…!,tentu keadaan tsb tidak logis diterapkan untuk motor Viar

    belum ditambah kerugian akibat borosnya penggunaan BBM,penggunaan BBM motor ini 3x lipat lebih boros dibanding motor Viar,maklum Motor ini memiliki cc diatas 120 ,apabila Anda mengisi Bensin motor Viar Rp 20.000 per minggu / Rp 80.000 per bulan,maka anda harus mengeluarkan Rp 240.000 perbulan,kerugian bertambah menjadi Rp 160.000 belum ditambah mahalnya Pajak Kendaraan Bermotor karena motor ini mengusung CC yg sangat tinggi

    Perincian Kerugian motor Merk lain
    Depresiasi harga Jual : Rp. 7.000.000
    Pemborosan BBM : Rp. 160.000 x 12 bulan x 3 tahun = Rp 5.760.000
    Mahalnya Pajak : Rp. 50.000 x 3 Tahun = Rp. 150.000
    Mahalnya Service & Spare Part : Rp. 250.000 x 3 Tahun = Rp. 750.000

    Kerugian = 7.000.000 + 5.760.000 + 150.000 + 750.000
    Total Kerugian Selama 3 Tahun = Rp 13.660.000
    Kerugian Perbulan = Rp. 13.660.000 / 36 bulan = Rp 379.000

    BAYANGKAN…!!!,dengan kerugian perbulan yg hampir mencapai Rp. 400.000,dengan kerugian sebesar itu anda bahkan dapat mencicil Motor Viar Star Z yg cicilannya hanya 300 ribuan per bulan

    SEGERA Tinggalkanlah motor Boros dan Tidak Ekonomis seperti itu,sudah saatnya Kita dapat berhidup Hemat namun tetap Trendy!

  33. Untuk sebuah wahana/ kendaraan semua desain sebaiknya mempunyai fungsi. Tak ada istilah cukup sebagai pemanis.

  34. salam perkenalan ya mas dari Blogger baru amatiran

    http://andypierre.wordpress.com

    regards

  35. Greetings from Idaho! I’m bored at work so I decided to browse your site on
    my iphone during lunch break. I enjoy the info you present here and can’t wait to take a
    look when I get home. I’m surprised at how quick your blog loaded on my phone ..
    I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, fantastic site!

Tinggalkan Balasan ke andikakusumaharyanto Batalkan balasan